Rabu, 25 April 2012

PENGOBRAL DOSA


JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER SISTEM BERKAS
Dosen:Agus Sumaryanto,Skom
SUPRAPTO(1055201194)TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DANKOMPUTER MERCUSUAR


SOAL
 01. Jelaskan apa yang dimaksud dengan atribut file!. Sebutkan dan jelaskan apa saja atribut dari file ?
02. Apa perbedaan sistem file pada Windows dan Linux?. Sebutkan dan jelaskan sistem file yang ada di Windows dan Linux ?
03. Dalam secondary storage dikenal dengan SASD (Sequential Access Storage Device) dan DASD (Direct Access Storage Device). Jelaskan dua hal tersebut ?
---

Jawaban
1. Atribut file adalah dimana sebuah file atau directori bisa eksis atau sebuah file mempunyai atribut yang berbeda antara sistem operasi satu dengan yang lainnya.
Atribut File :
Nama : Informasi disimpan dalam bentuk yang dapay dibaca manusia
Tipe : Diperlukan sistem yang mendukung tipe yang berbeda
Lokasi : Pointer ke lokasi file pada perangkat
Ukuran : Ukuran file saat ini
Waktu Pembuatan dan identitas pembuat :tanggal dan identitas user, data untuk
monitoring proteksi,sekuriti dan pengguna
Proteksi : mengontrol siapa yanng dapat membaca,menulis dan mengeksekusi
Informasi lain tentang file : informasi file disimpan dalam struktur direktori yang diatur oleh disk









2 a. Perbedaan sistem file pada windows dan linux :
Perbedaan sistem file pada windows dan linux : di Windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface,di windows 95/98 Anda hanya mengenal user interface bawaan windows 95/98, sedangkan pada linux Anda bisa menemukan banyak macam user interface. dan biasannya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja anda.

2 b. Sistem File pada Windows :
FAT12 merupakan sistem berkas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki batas hingga 12-bit.file sistem ini hanya dapat menampung maksimum hanya 2/12 unit alokasi saja atau sebanyak 4096.
Fat 16 merupakan sistem berkas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki batas hingga 16-bit. file system ini dapat menampung maksimum 2/16 unit alokasi atau sebanyak 65536.
FAT32 merupakan sistem berkas yang menggunakan unit alokasi yang memiliki batas hingga 32-bit. file system ini dapat menampung maksimum 2/32 unit alokasi atau sebanyak 4294967296.
exFAT (Extended File Alocation Table) atau sering disebut sebagai FAT64. exFAT merupakan sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash.
NTFS merupakan sistem file yang memiliki sebuah desain sederhana namun memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan FAT File system
System Operasi Linux
Ext 2 merupakan tipe file system yang paling tua yang masih ada. file sistem yang paling ampuh di linux menjadi dasar dari segala distribusi linux.
Ext 3 merupakan peringkat dari Ext 2 File system. Beberapa peningkatan yang ada, seperti : Journaling, Integritas data, Kecepatan, mudah dilakukan Migrasi.
Ext 4 dirilis secara komplit dan stabil berawal dari kernel 2.6.68. jadi apabila distro yang secara default memiliki kernel tersebut atau di atasnya secara otomatis system sudah support Ext 4.









3. (a) Sequential Access Storage Device:
Kartu Plong disebut juga kartu pons (punched card) kumpulan dari kartu-kartu plong disebut dengandeck. Bila kumpulan dari kartu plong itu berisi data yang sejenis, maka membentuk suatu file. informasi yang akan direkamkan di kartu plong dilakukan dengan alat pengeplongan kartu (card punch) dan dibacakan ke komputer dengan alat pembaca kartu (card reader).

(b) Direct Access Storage Device :
Magnetic Disk : disk magnetik yang terbuat dari plastik dan terdiri dari sebuah piringan saja dan disebut floppy disk, yaitu Micro disk dan mini disk. Disk magnetik yang terbuat dari metal dan terdiri dari banyak piringan disebut hard disk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar